Ilmu yang bercahaya yaitu ilmu untuk saling berbagi

Kaum Kaum Arab

Para sejarawan membagi kaum-kaum Arab berdasarkan garis keturunan asal mereka menjadi tiga bagian ,yaitu: 1) Arab Ba'idah, Yaitu kaum-kaum Arab kuno yang sudah punah dan tidak mungkin melacak rincian yang cukup tentang sejarah mereka, seperti Ad, Tsamud, Thasm, Judais, Imlaq  (bangsa Raksasa), dan yang lainnya. 2) Arab Aribah, Yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari garis keturunan Ya'rib bin Yasyjub bin Qahthan, atau disebut pula Arab Qahthaniyah . 3) Arab Musta'ribah Yaitu kaum-kaum Arab yang berasal dari garis keturunan Ismail, yang disebut pula Arab Adnaniyah . Tempat kelahiran Arab Aribah (kaum Qahthan ) adalah negeri Yaman, lalu berkembang menjadi beberapa kabilah dan anak kanilah (marga), yang terkenal darinya ada dua kabilah, yaitu: A) Himyar , anak kabilahnya yang paling terkenal adalah Za'id al-Jumhur, Qudha'ah dan Sakasik. B) Kahlan , anak kabilahnya yang paling terkenal adalah Hamadan, Anmar, Thayyi', Madzhaj, Kindah, Lakham, Judzam, Azd, Aus, Kh

Orang Pertama Dibukakan Pintu Surga

Rasulullah adalah orang pertama yang akan dibukakan Pintu Surga oleh Malaikat
Setelah melewati jembatan, orang-orang mukmin masih kotor seperti wanita haid. Ketika mereka sampai di pintu surga, mereka meminta syafaat kepada Adam lalu nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan terakhir Nabi Muhammad saw.. Beliau menjadi pemberi syafaat kepada mereka, seperti yang disebutkan dalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim melalui perawi Abu an-Nadhr dari Hasyim bin Al-Qasyim dan seterusnya.

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda:
"Aku mendatangi pintu surga pada hari kiamat, lalu aku meminta dibukakan, maka penjaganya berkata, "Siapakah kamu?" Aku menjawab, "Muhammad." Ia berkata, "Untukmu aku diperintah agar tidak membukakannya kepada siapa pun sebelummu." (HR Ahmad dan Muslim)

Dari Anas bin Malik bahwasannya Rasulullah saw. bersabda:
"Saya adalah Nabi yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat dan saya yang pertama mengetuk pintu surga."

Di dalam riwayat lain, Muslim menyebutkan:
"Allah mengumpulkan manusia, lalu orang-orang mukmin berdiri hingga surga didekatkan kepada mereka. Lalu mereka mendatangi Adam dan berkata, 'Wahai Bapak kami, bukakanlah pintu surga untuk kami!' maka Ia menjawab, 'Bukankah yang mengeluarkan kalian dari surga adalah dosa-dosa Adam, bapakmu? Aku bukan orang yang berhak untuk itu...'." sampai akhir hadits.

Hadits ini adalah bukti yang kuat dari pembahasan yang disebutkan di dalam bab sangkakala, tentang kepergian mereka kepada para nabi untuk yang kedua kalinya. Meminta agar mereka memohonkan syafaat kepada Allah. Maka, permintaan syafaat ini pun terbatas dan dikhususkan bagi Rasulullah sebagaimana dikhususkannya permintaan syafaat agung yang pertama untuk beliau. Wallahu a'lam.

Al-Qur'an telah mengungkapkan kedatangan mereka ke pintu surga. Bagaimana orang-orang mukmiin dikumpulkan secara berkelompok-kelompok, bagaimana pintu surga dibukakan bagi mereka, dan bagaimana malaikat-malaikat penjaganya menyambut mereka dengan sebutan yang agung. Semuanya merupakan kegembiraan, kesenangan, kebahagiaan, ketenangan, kasih sayang, dan kesejahteraan.

Allah berfirman:
"Dan terang benderanglah bumi (Padang Mahsyar) dengan cahaya (keadilan Rabb-nya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di anatara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan." (Q.S. 39 Az-Zumar: 69)
"Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan." (Q.S. 39 Az-Zumar: 70)

"Orang-orang kafir dibawa menuju neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu, dibukakanlah pintu-pintunya dan penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Apakah belum pernah datang kepada mu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Rabb-mu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?Mereka menjawab, "Benar (telah datang)." Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir." (Q.S. 39 Az-Zumar: 71)
"Dikatakan (kepada mereka), "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, dan kamu kekal didalamnya." Maka, neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri." (Q.S. 39 Az-Zumar: 72)
"Dan orang-orang yang bertakwa kepada Allah dibawa menuju surga berombong-rombongan (pula). Setelah mereka sampai ke surga itu dan pintu-pintunya telah terbuka, lalu penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, dan kamu kekal di dalamnya." (Q.S. 39 Az-Zumar: 73)
"Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam syurga di mana saja yang kami kehendaki; maka syurga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal". (Q.S. 39 Az-Zumar: 74)
"Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-mmlaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam". (Q.S. 39 Az-Zumar: 75)
Baca juga: Sifat Pintu Pintu Surga

Komentar

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    At least 160000 men and women are trying a simple and SECRET "liquid hack" to burn 1-2 lbs each night as they sleep.

    It's effective and works all the time.

    This is how you can do it yourself:

    1) Grab a drinking glass and fill it up half full

    2) Proceed to learn this crazy hack

    and be 1-2 lbs skinnier when you wake up!

    BalasHapus

Posting Komentar

Post Populer

7 Imam Qiraat Sab'ah

Keterkaitan Ilmu Tajwid dan Ilmu Qiraat

Pentingnya Mempelajari Ilmu Tajwid